5 Cara Kerja Sama dengan Influencer untuk Memperlancar Bisnis Anda
5 Cara Kerja Sama dengan Influencer untuk Memperlancar Bisnis Anda. Salah satu strategi marketing di sosial media yang saat ini sedang banyak dilakukan para pebisnis adalah menggunakan jasa influencer. Anda tertarik berkerja sama dengan influencer? Yuk, simak bagaimana cara kerja sama dengan influencer serta berbagai keuntungan bekerja sama dengan mereka melalui artikel di bawah ini.
6 Keuntungan Bekerja Sama dengan Influencer
Pastinya terdapat banyak manfaat yang akan Anda peroleh untuk kepentingan bisnis Anda saat bekerja sama dengan influencer. Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan influencer, mari ketahui terlebih dahulu beberapa keuntungan bekerja sama dengan influencer berikut ini.
1. Membuat produk Anda lebih dikenal
Membuat produk Anda lebih dikenal menjadi keuntungan bekerja sama dengan influencer yang pertama dalam daftar ini. Apalagi jika influencer yang Anda ajak kerja sama merupakan yang sedang viral atau populer. Otomatis produk Anda pun akan menjadi perhatian banyak orang.
Namun bukan berarti Anda harus selalu menggandeng influencer viral untuk membuat produk Anda lebih dikenal. Sebab Anda juga perlu menyesuaikan segmentasi pengikut influencer tersebut dengan target konsumen Anda.
Sekalipun influencer yang Anda gunakan termasuk influencer mikro, tapi jika segmentasi pengikutnya sesuai dengan target konsumen Anda maka hasilnya bisa tetap optimal.
2. Menjangkau konsumen yang lebih luas
Keuntungan bekerja sama dengan influencer yang kedua adalah dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Influencer tentunya mempunyai pengikut yang banyak. Hal inilah yang akan membantu agar produk Anda bisa menjangkau konsumen yang lebih banyak.
Namun ingat, sama halnya dengan poin sebelumnya, Anda perlu menyesuaikan segmentasi pengikut influencer yang Anda ajak kerja sama dengan target konsumen Anda. Hal ini agar kerja sama yang Anda lakukan tidak sia-sia.
3. Meningkatkan kepercayaan konsumen
Meningkatkan kepercayaan konsumen juga termasuk salah satu keuntungan bekerja sama dengan influencer. Jika Anda menggunakan strategi promosi berupa iklan tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama agar konsumen bisa percaya pada produk Anda.
Lain halnya dengan menggandeng influencer sebagai strategi promosi produk Anda. Anda bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dalam waktu lebih singkat. Sebab influencer umumnya telah mendapat kepercayaan dari para pengikutnya. Jadi ketika seorang influencer mempromosikan produk Anda di sosial medianya, para pengikutnya bisa lebih mudah terpengaruh dan percaya.
4. Membangun kedekatan dengan konsumen
Keuntungan bekerja sama dengan influencer yang selanjutnya yaitu membangun kedekatan dengan konsumen. Selain meningkatkan kepercayaan konsumen, menggunakan jasa influencer juga bisa membantu membangun kedekatan konsumen dengan brand maupun produk Anda.
Tapi hal ini akan tercapai jika segmentasi pengikut influencer yang Anda gunakan memang sesuai dengan target konsumen Anda. Sebaiknya pilih influencer yang benar-benar mempunyai ketertarikan dengan produk Anda. Sehingga promosi yang dilakukan influencer menjadi lebih engaging dan real.
Bekerja sama dengan influencer juga bisa membantu menciptakan komunikasi dua arah antara audiens dengan brand Anda. Para audiens yang tertarik pada produk yang dipromosikan influencer tentunya akan langsung menghubungi Anda untuk menanyakan seputar produk tersebut.
5. Meningkatkan penjualan produk
Keuntungan bekerja sama dengan influencer yang satu ini tentunya menjadi harapan semua pebisnis. Sebab dengan menggunakan jasa influencer akan membuat produk Anda lebih dikenal banyak orang, yang akhirnya berpeluang untuk mendongkrak penjualan.
Tentunya Anda harus memilih influencer dengan tepat dan teliti. Sebab hasilnya akan optimal jika Anda menggunakan influencer yang tepat untuk brand Anda.
6. Membantu mempermudah balik modal
Keuntungan bekerja sama dengan influencer yang terakhir akan dibahas adalah membantu mempermudah balik modal. Bekerja sama dengan influencer tentunya memerlukan biaya. Apalagi jika influencer yang Anda pilih merupakan influencer makro atau mega yang harganya mahal.
Namun hal ini bisa dianggap sebagai sebuah investasi bagi bisnis Anda, lho. Mengingat ada banyak keuntungan bekerja sama dengan influencer seperti yang telah dibahas sebelumnya. Saat promosi yang dilakukan influencer berhasil, maka bisnis Anda pun bisa lebih cepat untuk balik modal.
Setelah mengetahui berbagai keuntungan bekerja sama dengan influencer di atas, apakah Anda tertarik untuk melakukannya? Agar hasilnya optimal seperti yang Anda harapkan, mari simak beberapa cara kerja sama dengan influencer di bawah ini.
5 Cara Kerja Sama dengan Influencer untuk Memperlancar Bisnis Anda
Tujuan Anda bekerja sama dengan influencer tentunya untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda, bukan? Agar hasilnya optimal dan sukses, ada beberapa cara kerja sama dengan influencer yang perlu Anda terapkan.
1. Pilih influencer dengan bijak dan teliti
Ini merupakan cara kerja sama dengan influencer yang pertama harus Anda lakukan. Pilih influencer dengan bijak dan teliti, artinya Anda perlu mengetahui latar belakang maupun track record orang yang Anda ajak bekerja sama.
Anda bisa melihat terlebih dahulu bagaimana kehidupan sehari-hari yang ditampilkan di sosial medianya. Perhatikan bagaimana caranya membuat konten, cara berinteraksi dengan pengikutnya, bagaimana segmentasi pengikutnya, hingga berapa harga yang harus Anda keluarkan untuk bekerja sama dengannya. Pastikan juga influencer tersebut cocok dengan brand Anda.
2. Buat brief yang lengkap dan detail
Cara kerja sama dengan influencer selanjutnya adalah buat brief yang lengkap dan detail. Agar kerja sama Anda dengan influencer berjalan lancar seperti yang Anda harapkan, tentunya Anda perlu memberikan panduan detail seputar job yang Anda berikan.
Beberapa hal yang penting untuk Anda sertakan dalam brief, diantaranya: waktu posting konten, konsep caption dan foto/video, penjelasan lengkap mengenai produk yang akan dipromosikan, hingga hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
3. Bagikan konten influencer
Selain kedua hal di atas, cara kerja sama dengan influencer berikut ini juga perlu Anda lakukan. Untuk memperkuat pesan yang disampaikan influencer, Anda juga perlu membagikan konten promosi mereka di sosial media Anda. Anda bisa membagikannya melalui Instagram story ataupun feeds, Twitter, bahkan Facebook.
Jangan lupa untuk memberikan tag atau mention influencer yang membuat konten tersebut. Interaksi yang baik antara Anda dengan influencer juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand Anda dan menciptakan image positif.
4. Berikan reward untuk penyemangat
Cara kerja sama dengan influencer berikutnya yaitu berikan reward untuk penyemangat. Anda bisa menawarkan hadiah atau bonus jika influencer berhasil melampaui target yang Anda tentukan. Hal ini bisa membuat influencer lebih bersemangat untuk memberikan hasil yang terbaik dari pekerjaannya.
Reward ini tidak harus selalu dalam bentuk uang, lho. Jika influencer tersebut memang pengguna produk Anda (pelanggan), Anda bisa memberikan hadiah produk gratis atau voucher belanja dengan nilai yang lumayan.
5. Menjalin hubungan yang baik dengan influencer
Cara kerja sama dengan influencer yang terakhir adalah menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Tak ada salahnya jika Anda menjalin hubungan yang baik dengan influencer yang telah membantu Anda melakukan promosi.
Meski mereka dibayar untuk melakukannya, sebaiknya Anda pun memberikan apresiasi atas kerja mereka. Terutama jika Anda puas dengan pekerjaan mereka. Menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang yang terkait dengan bisnis Anda dapat membantu memperluas jaringan Anda.
Demikian beberapa cara kerja sama dengan influencer yang penting untuk Anda lakukan. Semoga cara-cara tersebut dapat membantu kelancaran promosi bisnis Anda