7 Tips Membuat Giveaway di Instagram untuk Menarik Minat Konsumen
7 Tips Membuat Giveaway di Instagram untuk Menarik Minat Konsumen. Setelah mengulas mengenai berbagai manfaat giveaway di Instagram pada artikel sebelumnya, tentu Anda juga perlu mengetahui bagaimana membuat giveaway yang menarik agar hasilnya optimal. Pada ulasan kali ini akan dibahas berbagai tips membuat giveaway di Instagram yang dapat Anda terapkan untuk kepentingan bisnis Anda.
7 Tips Membuat Giveaway di Instagram untuk Menarik Minat Konsumen
Meski giveaway ini bukanlah strategi pemasaran yang sulit dan rumit untuk dilakukan namun Anda perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam membuat giveaway agar banyak orang yang tertarik untuk mengikutinya. Berikut beberapa tips membuat giveaway di Instagram yang penting untuk Anda ketahui:
1. Menentukan tujuan giveaway
Tips membuat giveaway di Instagram yang pertama adalah menentukan tujuan giveaway. Tujuan giveaway ini bermacam-macam, mulai dari meningkatkan engagement, menambah jumlah pengikut, meningkatkan jumlah pengujung website, maupun meningkatkan penjualan. Tetapkan tujuan yang paling relevan dengan bisnis Anda saat ini.
Dengan menetapkan tujuan giveaway Anda bisa membuat strategi-strategi yang lebih detail dan spesifik pada giveaway Anda. Selain itu dengan adanya tujuan juga akan memudahkan Anda mengevaluasi giveaway apakah hasilnya sudah sesuai dengan target atau belum.
2. Menentukan hadiah yang tepat
Tips membuat giveaway di Instagram selanjutnya yaitu menentukan hadiah yang tepat. Hadiah giveaway dapat Anda sesuaikan dengan anggaran bisnis Anda. Namun sebaiknya jangan terlalu kecil nilainya agar peserta pun lebih tertarik dan semangat untuk ikut berpartisipasi.
Anda juga bisa menyesuaikan hadiah dengan tingkat kemudahan persyaratan/ketentuan giveaway. Semakin sulit persyaratannya sebaiknya sebanding dengan nilai hadiahnya. Sedangkan giveaway yang nilai hadiahnya tidak terlalu besar, cocok untuk giveaway dengan persyaratan yang mudah.
Akan lebih baik jika hadiah giveaway berkaitan erat dengan brand Anda, misal produk Anda maupun merchandise brand Anda. Terutama jika tujuan giveaway yang Anda adakan adalah untuk meningkatkan brand awareness.
Namun jika tujuan giveaway yaitu untuk menambah jumlah followers, Anda dapat memberikan hadiah lainnya yang tidak berkaitan erat dengan brand Anda, misalnya gratis ongkir, uang tunai, maupun voucher belanja. Berikut ini beberapa ide hadiah giveaway yang dapat Anda pilih:
Ide Hadiah Giveaway di Instagram:
– Produk
Ide hadiah giveaway yang pertama adalah produk Anda sendiri. Anda dapat memilih produk-produk best seller dari brand Anda. Hal ini juga menjadi bagian dari promosi produk. Apalagi jika penerima hadiah menggunakan dan menyukai produk Anda. Mereka juga bisa saja merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. Tentunya hal ini jadi keuntungan bagi Anda.
– Merchandise
Selain produk Anda juga bisa memberikan merchandise brand Anda sebagai salah satu ide hadiah giveaway. Buatlah merchandise khusus untuk hadiah giveaway sehingga terkesan eksklusif dan membuat orang lebih tertarik.
Sebaiknya pilih merchandise yang bermanfaat dan berpeluang untuk digunakan dalam keseharian. Misalnya, tas belanja, mug unik, botol minum, dan lain-lain. Jangan lupa sertakan logo dan nama brand Anda di merchandise tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan brand awareness bisnis Anda.
– Voucher belanja
Ide hadiah giveaway selanjutnya yaitu voucher belanja di toko Anda. Nilai voucher bisa Anda sesuaikan dengan tingkat kerumitan persyaratan mengikuti giveaway. Keuntungan dari hadiah berupa voucher adalah praktis. Berbeda dari kedua jenis hadiah sebelumnya, hadiah berupa voucher tidak perlu Anda kirimkan. Anda bisa menggunakan voucher belanja digital kepada pemenang.
– Uang tunai
Ide hadiah giveaway berikutnya adalah uang tunai. Sama halnya dengan hadiah voucher, hadiah uang tunai juga lebih praktis. Namun kekurangan dari jenis hadiah yang satu ini yaitu tidak dapat meningkatkan brand awareness. Untuk itu sebaiknya hadiah uang tunai bisa Anda gabungkan dengan hadiah lainnya seperti produk atau merchandise.
– Free ongkir
Free ongkir juga bisa lho jadi ide hadiah giveaway di Instagram. Agar lebih menarik minat peserta sebaiknya berikan hadiah free ongkir untuk beberapa kali pembelanjaan. Misalnya, free ongkir maksimal 20.000 rupiah per pembelanjaan untuk 10 kali belanja di toko Anda.
3. Menentukan syarat dan ketentuan
Tips membuat giveaway di Instagram berikutnya adalah menentukan syarat dan ketentuan. Sebaiknya buatlah syarat dan ketentuan giveaway yang tidak menyulitkan peserta. Giveaway dengan syarat yang mudah serta hadiah menarik umumnya lebih diminati banyak peserta dibanding giveaway dengan syarat yang rumit.
Tentukan dengan jelas dan detail apa saja syarat serta ketentuan yang harus dilakukan peserta untuk ikut serta dalam giveaway. Buatlah dalam bentuk poin-poin syarat dan ketentuan dalam caption giveaway Anda agar lebih mudah dipahami.
Selain itu tentukan juga tenggat waktu berapa lama giveaway tersebut berlangsung. Setelah itu tentukan pula cara penentuan pemenang serta waktu pengumuman pemenang.
4. Menentukan hashtag giveaway
Menentukan hashtag giveaway juga merupakan salah satu tips membuat giveaway di Instagram. Buatlah hashtag khusus untuk acara giveaway Anda. Anda dapat menyertakan nama produk maupun brand Anda pada hashtag tersebut. Hashtag giveaway ini sangat berguna saat Anda mencari konten yang terkait dengan giveaway tersebut.
Misalnya jika Anda mensyaratkan peserta untuk membuat postingan di Instagram mereka, maka adanya hashtag akan memudahkan Anda mengumpulkan konten yang dibuat para peserta. Sebaiknya pilih hashtag yang mudah dieja dan diingat oleh audiens untuk menghindari kesalahan penulisan hashtag.
5. Promosikan giveaway
Tips membuat giveaway di Instagram agar banyak yang ikut serta adalah mempromosikan giveaway tersebut. Anda dapat mempromosikan acara giveaway ini di semua platform sosial media Anda, termasuk di foto profil serta fitur status aplikasi WhatsApp bisnis Anda. Jangan lupa sertakan pula hashtag giveaway dalam setiap postingan promosi tersebut.
Selain menyertakan hashtag giveaway yang Anda buat khusus, Anda juga bisa menggunakan hashtag populer yang berkaitan dengan giveaway, seperti #giveaway #giveawayalert dan lain-lain.
Jika anggaran Anda cukup besar untuk menyelenggarakan giveaway ini, Anda bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan giveaway Anda.
6. Pertimbangkan untuk joint sponsor giveaway
Tips membuat giveaway di Instagram selanjutnya yaitu pertimbangkan untuk joint sponsor giveaway dengan brand-brand lainnya. Umumnya giveaway yang disponsori oleh beberapa brand sekaligus dapat menarik minat banyak peserta. Sebab hadiah yang ditawarkan dalam acara giveaway tersebut tentu jadi lebih besar.
7. Luncurkan giveaway dengan persiapan matang
Terakhir, tips membuat giveaway di Instagram agar diikuti banyak peserta adalah luncurkan giveaway dengan persiapan yang matang. Pastikan Anda telah mengikuti berbagai tips sebelumnya dengan benar. Jika Anda sudah yakin dengan semua persiapan yang Anda lakukan maka giveaway pun siap untuk diluncurkan.
Demikian berbagai tips membuat giveaway di Instagram yang perlu Anda terapkan agar giveaway bisa menarik banyak peserta. Apakah Anda punya tips lainnya? Silakan share pada kolom komentar di bawah ini, ya! 🙂