8 Cara Bisnis di TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda
8 Cara Bisnis di TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda. Menggunakan platform sosial media sebagai sarana meningkatkan penjualan bisnis tentunya bukanlah hal yang asing lagi. Setelah era penggunaan Facebook dan Instagram untuk bisnis, belakangan banyak para pebisnis yang memanfaatkan TikTok. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai cara bisnis di TikTok untuk meningkatkan penjualan produk Anda.
Eh, tunggu dulu. Sebelumnya Anda juga perlu nih mengetahui apa saja keunggulan TikTok untuk bisnis Anda. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini. Selamat membaca
5 Keunggulan TikTok untuk Bisnis Anda
Tak heran jika banyak pebisnis yang memanfaatkan platform TikTok untuk meningkatkan bisnisnya. Sebab terdapat berbagai keunggulan yang dimilikinya. Berikut ini 5 keunggulan TikTok untuk bisnis Anda:
1. Memiliki banyak pengguna
Keunggulan TikTok untuk bisnis Anda yang pertama adalah memiliki banyak pengguna. Saat ini TikTok mempunyai 800 juta lebih pengguna aktif. Dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah kedepannya. Pengguna aktif ini rata-rata membuka TikTok kurang lebih sebanyak 8 kali dalam satu hari.
Data ini menunjukkan bahwa aplikasi yang satu ini termasuk sering dibuka oleh penggunanya. Dengan banyaknya jumlah pengguna tersebut tentunya akan membuat produk Anda bisa menjangkau lebih banyak orang.
2. Populer di kalangan muda
Selain memiliki banyak pengguna, keunggulan TikTok untuk bisnis yang berikutnya yaitu populer di kalangan anak muda. Berdasarkan penelitian diungkapkan bahwa pengguna TikTok di Indonesia didominasi oleh kalangan muda dengan rentang usia antara 14 hingga 24 tahun.
Generasi muda dianggap lebih konsumtif. Jadi, jika target konsumen Anda merupakan generasi ini, mempromosikan produk Anda di TikTok bisa jadi cara yang sangat ampuh untuk menarik minat mereka.
3. Fiturnya mudah digunakan
Fitur yang mudah digunakan juga termasuk salah satu keunggulan TikTok untuk bisnis. Tentunya tidak semua orang mahir meng-edit video, bukan? Nah, dengan aplikasi TikTok Anda dimudahkan dalam melakukan edit video.
Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, sebab TikTok sendiri sudah menyediakan berbagai fitur editing video yang mudah digunakan. Bahkan bagi pengguna baru sekalipun, fitur-fitur yang ada pada TikTok termasuk mudah dipahami sehingga lebih mudah digunakan.
4. Lebih mudah untuk menjadi viral
Keunggulan TikTok untuk bisnis yang selanjutnya adalah lebih mudah untuk menjadi viral. Belakangan ini popularitas TikTok sedang meroket, terbukti banyak konten viral berasal dari aplikasi yang satu ini.
Konten TikTok relatif lebih sering dibagikan oleh para penggunanya. Inilah yang kemudian membuat sebuah konten lebih mudah untuk menjadi viral. Maka buatlah konten yang menarik dan kreatif agar orang tertarik untuk membagikan konten Anda.
5. Banyak efek dan filter menarik
Banyaknya efek serta filter yang menarik menjadi keunggulan TikTok untuk bisnis yang terakhir dalam daftar ini. Ini juga merupakan salah satu keunggulan TikTok yang tidak dimiliki platform sosial media lainnya.
Dengan adanya berbagai efek serta filter menarik akan membuat konten Anda jadi lebih bagus dan disukai. Otomatis produk Anda jadi lebih mudah untuk diketahui audiens.
Demikianlah beberapa keunggulan TikTok untuk bisnis. Selanjutnya mari kita simak berbagai cara bisnis di TikTok untuk meningkatkan penjualan produk Anda.
8 Cara Bisnis di TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda
Mengetahui berbagai keunggulan TikTok untuk bisnis di atas tentunya membuat Anda jadi semakin tertarik mencoba berbisnis di TikTok, bukan? Berikut ini beberapa cara bisnis di TikTok yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk Anda.
1. Membuat akun TikTok bisnis
Cara bisnis di TikTok yang pertama adalah membuat akun TikTok bisnis. Tentu saja hal ini agar bisnis/brand Anda terlihat lebih profesional. Anda dapat mengikuti beberapa cara membuat akun TikTok bisnis di bawah ini:
- Unduh aplikasi TikTok di Google Play/App Store
- Daftar akun menggunakan data bisnis Anda, seperti email dan nama akun yang disesuaikan dengan nama toko/brand Anda
- Setelah berhasil membuat akun, alihkan ke akun bisnis. Caranya, klik “Saya”
- Klik tanda titik tiga yang terdapat pada bagian pojok atau
- Klik “Kelola Akun Saya”
- Klik “Alihkan ke Akun Bisnis”
- Pilihlah kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda
- Edit profil akun, mulai dari memasang foto profil berupa logo bisnis atau yang relevan dengan bisnis Anda
- Kemudian isi bio dengan keterangan lengka mengenai bisnis Anda
- Terakhir jangan lupa tambahkan link bisnis Anda pada bio akun. Link bisnis bisa berupa link menuju website atau marketplace tempat Anda menjual produk
2. Buat konten menarik
Cara bisnis di TikTok yang berikutnya yaitu buat konten yang menarik. Anda bisa mencari inspirasi berdasarkan tren yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Namun buatlah konten dengan ciri khas Anda sendiri, ya. Hindari konten yang meniru karya orang lain. Konten yang unik dan kreatif hasil karya Anda sendiri tentunya akan lebih bernilai.
3. Optimalkan penggunaan fitur
Selain dua cara di atas, cara bisnis di TikTok yang satu ini juga perlu Anda lakukan. TikTok termasuk platform sosial media yang kaya akan fitur-fitur menarik. Dengan mengoptimalkan penggunaan fitur ini akan membuat konten Anda jadi lebih menarik, lho. Anda bisa tambahkan musik, efek, filter, dan fitur-fitur lainnya pada konten video Anda.
4. Ajak audiens untuk berinteraksi
Mengajak audiens untuk berinteraksi dalam konten Anda juga termasuk salah satu cara bisnis di TikTok yang penting untuk dilakukan. Adanya interaksi berupa komentar pada konten Anda merupakan cara meningkatkan engagement TikTok Anda. Semakin banyak interaksi positif maka semakin baik pula citra brand Anda di mata konsumen.
5. Gunakan hashtag yang tepat
Cara bisnis di TikTok selanjutnya adalah gunakan hashtag yang tepat. Tambahkan hashtag yang relevan maupun hashtag yang saat ini sedang populer/viral di konten Anda. Hashtag ini berfungsi untuk mempermudah konten Anda ditemukan oleh banyak orang.
6. Posting konten secara rutin di waktu yang tepat
Anda juga perlu memposting konten secara rutin dan di waktu yang tepat. Cara bisnis di TikTok yang satu ini akan membuat konten Anda bekerja lebih efektif dan optimal. Setidaknya posting 1 – 3 konten setiap harinya. Kemudian posting konten pada jam ramai pengunjung, yaitu pada siang hari pukul 11.00 – 13.00 dan pada malam hari pukul 19.00 – 21.00.
7. Kerjasama dengan influencer
Cara bisnis di TikTok berikut ini juga termasuk ampuh untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Anda bisa bekerjasama dengan influencer TikTok yang mempunyai audiens sesuai dengan target konsumen Anda. Kerjasama ini bisa berupa review produk ataupun mengadakan giveaway.
8. Gunakan TikTok Ads
Cara bisnis di TikTok yang terakhir adalah gunakan TikTok Ads. Ini merupakan salah satu strategi marketing di TikTok yang banyak digunakan para pebisnis. Ada beberapa jenis iklan yang ditawarkan TikTok, yaitu InFeed Ads, Promotes Hashtag Challenge, Branded Effect/Filter, dan Brand Takeover.
Itulah beberapa cara bisnis di TikTok yang akan membantu meningkatkan penjualan produk Anda. Sekarang waktunya Anda mencoba cara-cara tersebut pada bisnis Anda! Semoga sukses