9 Cara Ampuh dan Mudah Meningkatkan Engagement Twitter
9 Cara Ampuh dan Mudah Meningkatkan Engagement Twitter. Bagi para pebisnis yang memanfaatkan sosial media Twitter untuk promosi produk, tentunya meningkatkan engagement menjadi sangat penting untuk dilakukan. Anda sudah berada di artikel yang tepat, karena ulasan kali ini adalah bagaimana cara ampuh dan mudah meningkatkan engagement Twitter. Setelah itu akan dibahas juga mengenai beberapa tipe konten yang dapat meningkatkan engagement Twitter. Simak sampai selesai, ya!
9 Cara Ampuh dan Mudah Meningkatkan Engagement Twitter
Dengan berbagai cara ampuh dan mudah meningkatkan engagement berikut ini, pada akhirnya dapat membantu Anda lebih sukses dalam memasarkan produk melalui Twitter. Adanya engagement bisa membantu agar konten Anda tersebar luas, menambah jumlah followers, serta menarik perhatian calon konsumen.
1. Optimalkan bio akun Anda
Cara pertama untuk meningkatkan engagement Twitter adalah optimalkan bio akun Twitter Anda. Sebelum pengguna Twitter mengikuti sebuah akun biasanya mereka akan melihat bio untuk mengetahui tentang akun tersebut. Jika bio Anda menarik, hal ini akan membuat orang tertarik mengikuti Anda. Sebaliknya, jika bio tidak menarik, orang pun tidak akan tertarik untuk mengikuti.
Maka dari itu optimalkan bio Twitter Anda semenarik mungkin. Buatlah bio yang kreatif, inspiratif, serta benar-benar mewakili bisnis Anda. Jangan lupa untuk mengisi bio secara lengkap agar orang mengetahui dengan jelas bisnis Anda.
2. Berikan tanggapan yang bagus terhadap audiens
Cara kedua untuk meningkatkan engagement Twitter yaitu berikan tanggapan yang bagus terhadap audiens. Setiap kali Anda berinteraksi dengan audiens, berusahalah untuk merespon dengan ramah dan sopan. Termasuk pula saat ada audiens yang menyampaikan keluhan atau kritik terhadap bisnis Anda. Jangan sampai terpancing untuk merespon dengan cara yang tidak bagus.
Tanggapan yang bagus seperti ini akan membuat audiens semakin nyaman untuk berinteraksi dengan Anda dan meningkatkan keterlibatan (engagement).
3. Gunakan trending hashtag
Cara ketiga yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan engagement Twitter adalah gunakan trending hashtag. Hashtag alias tanda pagar ini berfungsi untuk memudahkan Anda saat melakukan pencarian (search) mengenai informasi yang ingin Anda ketahui di Twitter.
Anda bisa gunakan trending hashtag yang relevan dengan bisnis Anda di postingan untuk menarik audiens berkunjung ke akun Anda. Sebab banyak orang yang menggunakan trending hashtag. Namun pastikan jika trending hashtag yang Anda gunakan memang sesuai dengan bisnis Anda agar akun Anda tidak dianggap spam.
4. Bersikap interaktif
Cara keempat untuk meningkatkan engagement Twitter yaitu bersikap interaktif dengan audiens, terutama pengikut Anda. Jika ditinjau dari daftar 100 akun Twitter teratas di dunia, umumnya akun-akun tersebut merupakan yang paling interaktif dengan pengikutnya.
Berusahalah untuk selalu berinteraksi dengan para pengikut Anda, mulai dari menjawab pertanyaan mereka, menanggapi komentar, hingga membalas direct message. Tak ada salahnya juga jika Anda menanggapi tweet/postingan pengikut Anda.
5. Jadilah inspirasi
Cara kelima yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan engagement di Twitter adalah jadilah inspirasi. Banyak orang yang menyukai akun-akun inspiratif yang kaya akan informasi positif dan bermanfaat.
Selain memberikan informasi terkini seputar bisnis atau produk Anda, berikan juga informasi-informasi positif lainnya yang relevan dengan bisnis Anda. Anda juga bisa mengajak pengikut Anda untuk berbagi pengalaman inspiratifnya bersama produk Anda. Hal ini dapat membangun koneksi yang baik antara Anda dengan para konsumen.
6. Posting konten di waktu yang tepat
Cara keenam untuk membantu meningkatkan engagement Twitter yaitu posting konten di waktu yang tepat. Waktu yang tepat merupakan waktu dimana banyak orang sedang membuka Twitter. Sebab sebagus apapun konten atau tweet Anda jika diposting di waktu yang sepi audiens, maka hasilnya pun tidak akan optimal.
Seperti yang dilansir oleh hootsuite.com waktu terbaik untuk posting di Twitter yaitu pada hari kerja, mulai dari jam 7 – 9 pagi.
7. Batasi konten berjualan
Cara berikutnya jika Anda ingin meningkatkan engagement Twitter adalah batasi konten berjualan. Bayangkan saja jika Anda bertemu orang yang terus menerus sibuk membicarakan mengenai dirinya sendiri, apakah Anda akan betah bersamanya? Tentu tidak, bukan?
Sebaiknya gunakan konten soft selling agar audiens lebih nyaman dan tidak mudah bosan. Selain itu, isi juga konten Anda dengan hal-hal yang inspiratif yang dapat menarik audiens untuk ikut berinteraksi, misalnya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
8. Promosikan tweet dengan Twitter ads
Cara selanjutnya untuk meningkatkan engagement Twitter yaitu promosikan tweet Anda menggunakan Twitter ads. Pilihlah tweet terbaik Anda yang layak untuk dipromosikan. Twitter ads dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian audiens sehingga kampanye pemasaran Anda lebih sukses.
Dengan Twitter ads, tweet Anda berpeluang untuk diketahui banyak orang dan feed Anda pun akan muncul di akun audiens yang bukan pengikut Anda. Hal ini dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas.
9. Buatlah konten yang menarik
Cara terakhir untuk meningkatkan engagement Twitter adalah buat konten yang menarik. Tapi sebelumnya Anda perlu mengetahui konten menarik seperti apa yang disukai pengikut Anda. Tentunya konten ini juga harus relevan dengan bisnis Anda. Konten yang menarik akan membuat pengikut Anda tertarik pula untuk berinteraksi dengan postingan Anda.
Selain itu konten yang menarik bisa membuat mereka yang belum mengikuti akun Anda menjadi tertarik untuk mengikuti Anda.
Itulah beberapa cara untuk meningkatkan engagement Twitter yang dapat Anda lakukan. Nah, bicara mengenai konten yang menarik di atas, di bawah ini diulas beberapa tipe konten menarik yang dapat meningkatkan engagement Twitter.
5 Tipe Konten yang dapat Meningkatkan Engagement Twitter
Demi meningkatkan engagement akun Twitter Anda, diperlukan konten yang tepat. Bukan hanya menarik dan relevan, tapi Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini saat membuat konten:
1. Konten humoris
Tipe konten pertama untuk meningkatkan engagement Twitter adalah konten humoris. Buatlah konten humoris yang relevan dengan bisnis dan audiens Anda. Agar lebih menarik lagi Anda pun bisa menghubungkan konten Anda dengan topik terkini yang sedang hangat diperbincangkan di Twitter atau dunia maya.
2. Konten edukatif
Tipe konten kedua yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan engagement yaitu konten edukatif. Tentunya bukan konten edukatif yang menggurui dan dengan bahasa yang sulit dipahami, melainkan konten yang mengandung informasi bermanfaat bagi audiens.
3. Konten visual
Konten visual juga termasuk salah satu tipe konten yang bisa meningkatkan engagement Twitter. Berdasarkan penelitian, orang-orang terlibat dengan konten visual lebih baik dibanding konten non visual. Tweet yang disertai gambar berpeluang mendapat retweet lebih banyak daripada tweet tanpa gambar.
4. Konten review
Tipe konten berikutnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan engagement Twitter yaitu konten review. Konten review atau testimonial ini merupakan ulasan maupun pengalaman pelanggan serta konsumen terhadap produk Anda. Banyak orang yang senang melihat ulasan produk sebelum mereka membeli produk.
5. Konten giveaway
Tipe konten terakhir yang dapat meningkatkan engagement Twitter adalah konten giveaway. Siapa coba yang tidak antusias dengan giveaway atau kontes, apalagi jika hadiahnya menarik. Giveaway dapat membantu meningkatkan awareness dan memperluas jangkauan brand Anda.
Baiklah, demikian beberapa tipe konten yang dapat meningkatkan engagement Twitter. Anda bisa menerapkan tipe-tipe konten tersebut secara bergantian. Selamat mencoba!