Anda Wajib Tahu Apa Itu Algoritma Twitter dan Cara Kerjanya!
Anda Wajib Tahu Apa Itu Algoritma Twitter dan Cara Kerjanya!. Bagi Anda yang menggeluti pekerjaan atau bisnis yang memanfaatkan sosial media -khususnya Twitter- tentunya Anda wajib tahu apa itu algoritma Twitter dan bagaimana pula cara kerjanya. Mari sama-sama kita ketahui dan pelajari lebih dalam mengenai hal ini di artikel berikut. Simak sampai selesai, ya!
Mengenal Algoritma Twitter
Pertama-tama mari kita ulas terlebih dahulu apa itu algoritma Twitter. Bisa jadi Anda baru mendengar mengenai hal ini atau sudah sering mendengar namun belum tahu secara detail apa itu algoritma Twitter.
Pada dasarnya setiap platform sosial media memiliki algoritma digital masing-masing. Algoritma Twitter tentu tidak sama dengan algoritma Instagram maupun Facebook. Uniknya, algoritma digital ini berubah-ubah (tidak pernah stagnan) dari waktu ke waktu mengikuti perkembangan zaman.
Berkaitan dengan hal ini, Twitter menawarkan fitur yang dapat membuat Anda memilih tampilan timeline. Artinya Anda dapat mengatur sendiri tampilan timeline sesuai keinginan Anda. Terdapat dua tampilan timeline yang dapat Anda pilih, apakah timeline berdasarkan tweet terbaru (real time) atau timeline yang berdasarkan popularitas.
Caranya, Anda tinggal tekan ikon + yang terdapat pada bagian pojok kanan atas tampilan beranda Twitter. Jika Anda memilih tampilan timeline berdasarkan tweet terbaru, maka tweet yang muncul di daftar paling atas timeline Anda adalah tweet terbaru sesuai jam saat ini.
Berbeda halnya jika Anda memilih tampilan timeline berdasarkan popularitas. Maka tweet yang akan tampil didaftar teratas timeline Anda adalah tweet-tweet yang saat ini sedang populer, dan hal ini menggunakan algoritma Twitter.
Jadi, algoritma Twitter merupakan sebuah cara untuk menyortir postingan pada timeline pengguna berdasarkan relevansi, bukan waktu publikasi. Maka tak heran jika Anda menemukan timeline sosial media Anda tampil secara acak tidak sesuai dengan jam saat ini (real time) disebabkan adanya algoritma tersebut.
Setelah mengetahui apa itu algoritma sosial media khususnya Twitter, Anda juga perlu tahu bagaimana algoritma ini bekerja.
Cara Kerja Algoritma Twitter
Algoritma Twitter ini bertujuan untuk membuat pengguna betah berlama-lama di platform Twitter, yaitu dengan memunculkan konten-konten yang relevan dan disukai oleh pengguna itu sendiri. Secara umum, Algoritma Twitter juga akan menampilkan timeline berupa tweet-tweet dari akun yang sering berinteraksi dengan pengguna.
Misalnya, jika Anda sering berinteraksi dengan akun-akun yang membahas topik seputar kuliner, maka timeline Anda pun umumnya akan berisi tweet-tweet yang berkaitan dengan kuliner. Lalu, bagaimana algoritma Twitter memengaruhi tweet populer? Berikut ini beberapa faktor yang membuat tweet populer muncul di timeline Anda:
1. Faktor relevansi
Faktor pertama yang memengaruhi algoritma Twitter adalah relevansi. Algoritma Twitter akan melihat relevansi keyword antara tweet Anda dengan keyword pengguna lainnya. Jadi jika Anda sering berinteraksi dengan tweet pengguna lain yang mempunyai keyword kuliner maka tweet populer yang akan muncul di timeline Anda merupakan tweet-tweet yang menggunakan keyword yang sama.
2. Faktor engagement
Selain relevansi, engagement juga termasuk salah satu faktor yang memengaruhi algoritma Twitter, lho. Algoritma Twitter akan melihat berapa banyak likes, retweet, serta comment yang diperoleh dari sebuah tweet. Seberapa sering pengguna aktif berinteraksi dengan sebuah akun akan menjadi pertimbangan Twitter untuk menempatkannya ke dalam daftar tweet populer.
3. Faktor multimedia
Faktor ketiga yang memengaruhi algoritma Twitter adalah multimedia. Saat Anda membagikan konten yang berisi gambar, video, GIF, maupun polling, konten Anda berpeluang untuk memperoleh lebih banyak interaksi dari pengguna lainnya. Nah, saat sebuah konten mempunyai interaksi yang tinggi maka konten tersebut bisa memengaruhi algoritma Twitter.
Selain ketiga faktor di atas, terdapat juga beberapa faktor lain yang ikut memengaruhi algoritma Twitter. Misalnya berapa jumlah pengikut suatu akun serta lokasi pengguna akun tersebut. Apakah lokasi pengguna relatif dekat dengan pengguna lainnya.
Itulah beberapa faktor yang memengaruhi algoritma Twitter. Setelah itu, Anda juga perlu nih mengetahui apa saja tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jangkauan Twitter Anda.
3 Tips Meningkatkan Jangkauan Anda di Twitter
Dengan adanya algoritma digital pada platform Twitter ini, tentunya Anda perlu mengetahui bagaimana caranya meningkatkan visibilitas tweet Anda agar dapat memperoleh jangkauan yang luas dari pengguna lainnya. Berikut beberapa tips ampuh yang perlu dilakukan:
1. Posting konten di waktu yang tepat
Tips pertama untuk meningkatkan jangkauan Anda di Twitter yaitu posting konten (tweet) di waktu yang tepat. Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunggah sebuah tweet. Sebab orang-orang tidak membuka Twitter selama 24 jam sehari tentunya. Jadi, unggah tweet Anda pada jam dimana banyak orang sedang membuka Twitter untuk mendapat jangkauan luas dari audiens.
Seperti yang dilansir oleh hootsuite.com waktu terbaik untuk posting di Twitter adalah pada hari kerja, antara jam 6 – 9 pagi. Waktu tersebut merupakan waktu dimana banyak orang sedang mencari informasi maupun berita terkini melalui Twitter. Jika Anda ingin posting pada hari libur waktunya bisa lebih siang, karena umumnya orang-orang lebih santai dan mulai aktivitas lebih siang.
2. Buat konten yang terkait dengan audiens
Tips kedua untuk meningkatkan jangkauan di Twitter adalah buat konten yang terkait dengan audiens Anda, yang dapat membuat mereka merasa terhubung dengan Anda saat membaca konten tersebut. Karena bisa saja konten yang Anda buat tidak membuat audiens merasa terhubung.
Padahal konten yang membuat audiens merasa terhubung merupakan konten yang berpeluang memperoleh banyak like, retweet, dan comment. Nah, inilah tugas Anda untuk mencari tahu konten seperti apakah yang bisa membuat audiens Anda merasa terhubung.
Caranya, Anda bisa menganalisa konten mana yang mendapat banyak respon positif dari audiens dan konten mana yang sedikit mendapat tanggapan (like, retweet, dan comment). Konten yang mendapat banyak respon bisa dikategorikan sebagai konten yang lebih terkait dengan audiens, sedangkan konten yang sedikit responnya merupakan konten yang tidak terkait dengan audiens.
3. Promosikan tweet Anda menggunakan Twitter ads
Tips terakhir yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jangkauan Anda di Twitter yaitu dengan mempromosikan tweet Anda menggunakan Twitter ads. Berbeda dengan kedua tips sebelumnya yang dapat dimanfaatkan secara gratis, tips ketiga ini membutuhkan biaya. Tapi tidak perlu khawatir, sebab biaya yang Anda keluarkan untuk menggunakan Twitter ads ini relatif terjangkau.
Namun, jika Anda menggunakan Twitter ads sebelumnya pastikan terlebih dahulu konten yang Anda buat benar-benar konten terbaik Anda untuk memperoleh hasil yang optimal.
Demikian beberapa tips untuk meningkatkan jangkauan Anda di Twitter. Bagaimana, sudah lebih paham mengenai algoritma Twitter? Dengan strategi yang tepat, konten yang Anda unggah tentunya bisa mendapatkan jangkauan yang luas meskipun algoritma Twitter berubah-ubah cara kerjanya. Selamat mencoba!