Inilah 6 Manfaat Giveaway di Instagram untuk Bisnis Anda
Inilah 6 Manfaat Giveaway di Instagram untuk Bisnis Anda. Giveaway merupakan salah satu strategi marketing kekinian yang bisa Anda lakukan di sosial media, termasuk Instagram. Bagi kalangan pengguna Instagram tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah giveaway ini, bukan? Yuk, ketahui berbagai manfaat giveaway di Instagram untuk bisnis Anda serta apa saja jenis-jenisnya.
6 Manfaat Giveaway di Instagram untuk Bisnis Anda
Giveaway artinya memberikan hadiah secara gratis. Giveaway sama halnya dengan sebuah kontes atau kuis, dimana pesertanya harus menjawab pertanyaan atau melakukan syarat tertentu. Hadiah biasanya berupa produk maupun voucher belanja. Berikut beberapa manfaat giveaway di Instagram yang penting untuk Anda ketahui:
1. Meningkatkan engagement
Manfaat giveaway di Instagram yang pertama adalah meningkatkan engagement. Engagement merupakan interaksi atau keterikatan antara sebuah brand dengan pengikutnya. Dalam bisnis di sosial media termasuk Instagram, meningkatkan engagement termasuk salah satu hal yang penting untuk membangun kelompok pelanggan yang setia.
Saat Anda mengadakan giveway di Instagram maka postingan giveaway tersebut biasanya akan mendapat lebih banyak like dan komentar. Nah, semakin banyak komentar maka semakin tinggi pula tingkat engagement dari postingan tersebut.
Hal ini akan membuat brand Anda semakin dikenal banyak orang. Dengan begitu akan memperbesar peluang banyak orang tertarik pada produk Anda dan bahkan melakukan pembelian. Tentunya ini akan menguntungkan Anda, bukan?
2. Lebih mudah dilakukan
Manfaat giveaway di Instagram berikutnya yaitu mudah dilakukan. Jika dibandingkan dengan strategi promosi lainnya, mengadakan giveaway bisa dibilang lebih mudah dilakukan.
Anda tidak membutuhkan pengetahuan khusus untuk melakukan strategi ini. Anda juga dapat dengan mudah menemukan referensi mengenai bagaimana cara membuat giveaway yang menarik di internet. Meski mudah namun hasilnya termasuk luar biasa, lho. Tentunya jika Anda melakukannya dengan cara-cara yang tepat.
3. Meningkatkan brand awareness
Meningkatkan brand awareness juga termasuk salah satu manfaat giveaway di Instagram. Brand awareness merupakan kesadaran pelanggan terhadap brand Anda, mulai dari nama, produk, tagline, logo, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan brand Anda.
Salah satu syarat untuk peserta giveaway biasanya adalah menandai (mention/tag) teman-teman mereka. Dari sana akan semakin banyak orang mengikuti giveaway yang Anda adakan. Dan pada akhirnya semakin banyak pula orang yang mengetahui brand Anda.
Dengan tingkat brand awareness yang tinggi, bisnis Anda bisa lebih dikenal dan melekat dibenak konsumen dibanding para pesaing. Contohnya Aqua, brand yang satu ini mempunyai tingkat brand awareness yang tinggi. Sebab banyak orang menyebut air mineral dengan sebutan Aqua. Begitupun dengan Indomie dimana banyak orang menyebut mie instan dengan sebutan Indomie.
4. Lebih hemat biaya
Salah satu manfaat giveaway di Instagram yang tak kalah menarik bagi pebisnis adalah hemat biaya. Anda selaku penyelenggara giveaway hanya perlu mengeluarkan biaya untuk hadiah bagi para pemenang saja. Anda juga bisa memberikan hadiah produk Anda agar lebih hemat.
Dengan memberi hadiah produk selain lebih hemat juga menjadi media promosi produk. Apalagi jika penerima hadiah ternyata menyukai produk Anda, bukan tak mungkin mereka nantinya dapat menjadi pelanggan Anda dan mempromosikan produk Anda ke teman-teman mereka.
Selain itu biaya giveaway juga bersifat fleksibel sebab Anda bisa menyesuaikan hadiah dengan anggaran yang Anda miliki. Jika Anda belum memiliki anggaran yang cukup besar, ini tidak jadi alasan untuk tidak bisa mengadakan giveaway. Mengadakan mini giveaway dengan hadiah yang tidak terlalu besar juga bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.
5. Meningkatkan jumlah konsumen
Manfaat giveaway di Instagram selanjutnya yaitu meningkatkan jumlah konsumen. Dengan banyaknya orang yang mengetahui giveaway yang Anda adakan maka semakin banyak pula orang yang mengenal dan tertarik pada produk Anda. Kemudian orang yang tertarik ini bisa berubah menjadi konsumen bahkan pelanggan Anda.
Itu sebabnya dalam giveaway umumnya terdapat syarat untuk menandai (mention/tag) pengguna Instagram lainnya maupun membagikan postingan giveaway Anda di feeds atau story peserta. Hal ini agar semakin banyak orang yang mengetahui brand Anda dan tertarik membeli.
6. Meningkatkan kepercayaan konsumen
Lalu apa manfaat giveaway di Instagram yang terakhir? Ya, meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan brand Anda. Sebab salah satu syarat peserta giveaway adalah harus mengikuti akun Anda. Semakin banyak peserta yang mengikuti giveaway maka semakin banyak pula jumlah pengikut akun Anda.
Jumlah pengikut yang tinggi di Instagram seringkali menjadi ukuran kredibilitas brand Anda. Orang akan lebih mempercayai brand yang memiliki pengikut banyak dibanding yang sedikit pengikutnya.
Selain itu dengan mengadakan giveaway, brand Anda akan lebih banyak disebut/diperbincangkan di media sosial. Semakin brand Anda dikenal oleh audiens maka kepercayaan terhadap produk juga akan meningkat.
Apalagi jika giveaway yang Anda selenggarakan bekerja sama dengan influencer, ini akan membuat kepercayaan terhadap produk meningkat karena produk Anda dipromosikan dan digunakan oleh orang terkenal.
Demikian beberapa manfaat giveaway di Instagram yang penting untuk Anda ketahui. Setelah itu mari kita simak apa saja jenis giveaway di Instagram pada ulasan di bawah ini.
2 Jenis Giveaway di Instagram
Dalam pelaksanaannya terdapat dua jenis giveaway di Instagram. Anda dapat memilih jenis giveaway mana yang sesuai dengan bisnis Anda.
1. Sponsor giveaway
Jenis giveaway di Instagram yang pertama adalah sponsor giveaway. Apa itu sponsor giveaway Instagram? Artinya giveaway diadakan oleh bantuan pihak ketiga sehingga Anda tidak perlu menyelenggarakannya di akun bisnis Anda. Jenis giveaway yang satu ini cocok dilakukan bagi Anda yang masih merintis bisnis dan belum memiliki banyak pengikut.
Anda dapat menggunakan jasa influencer untuk mengadakan giveaway yang hadiahnya Anda sponsori. Jadi Anda berperan sebagai sponsor yang memberikan hadiah untuk giveaway tersebut. Para influencer yang telah mempunyai banyak pengikut tentunya dapat membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti giveaway.
Namun untuk mengadakan sponsor giveaway Anda perlu mengeluarkan biaya lebih karena Anda harus membayar jasa influencer yang mengadakan giveaway tersebut. Ada beberapa jenis influencer yang dapat Anda pilih sesuai dengan besar kecilnya anggaran Anda, mulai dari nano influencer, mikro influencer, makro influencer, hingga mega influencer.
2. Self giveaway
Jenis giveaway di Instagram yang kedua yaitu self giveaway. Artinya giveaway ini dilakukan secara mandiri tanpa bantuan pihak ketiga (influencer). Anda sendiri yang memposting giveaway tersebut dan menentukan kapan pelaksanaannya, apa saja ketentuan dan persyaratannya. Umumnya jenis giveaway yang satu ini diadakan oleh mereka yang telah mempunyai banyak pengikut.
Itulah dua jenis giveaway di Instagram yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan bisnis Anda. Bagaimana apakah Anda tertarik menyelenggarakan giveaway? Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!