Inilah 8 Cara Membuat Content Marketing yang Menarik & Efektif untuk Bisnismu
Inilah 8 Cara Membuat Content Marketing yang Menarik & Efektif untuk Bisnismu. Dengan semakin meningkatnya pemasaran digital dalam bisnis, tentunya content marketing merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebagai pebisnis Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat content marketing yang menarik dan efektif. Yuk, simak ulasan lengkap mengenai hal ini melalui artikel berikut.
8 Cara Membuat Content Marketing yang Menarik & Efektif untuk Bisnismu
Dengan content marketing yang efektif, bisnis Anda bisa lebih banyak dilirik oleh konsumen dan tentunya penjualan pun akan meningkat. Maka dari itu optimalkan content marketing Anda. Anda bisa menerapkan berbagai cara membuat content marketing yang menarik berikut ini.
1. Tetapkan tujuan Anda
Langkah pertama dalam cara membuat content marketing yang menarik adalah menetapkan tujuan Anda. Tentu saja tujuan akhirnya pasti untuk meningkatkan penjualan.
Namun Anda perlu menentukan tujuan yang lebih spesifik sebelum sampai pada tujuan akhir berupa peningkatan penjualan. Misalnya, untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement, menarik audiens, dan lain-lain.
Dengan menetapkan tujuan yang spesifik seperti ini akan memudahkan Anda untuk menentukan arah content marketing yang akan dibuat.
2. Kenali target audiens Anda
Cara membuat content marketing yang menarik berikutnya yaitu kenali target audiens Anda. Sebelumnya Anda perlu menetapkan siapa target audiens Anda. Definisikan target audiens Anda secara lebih spesifik, mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi, kegemarannya, hingga kebiasaan dan gaya hidup mereka.
Setelah itu Anda juga perlu mengetahui masalah apa yang dihadapi target audiens Anda dan bagaimana produk Anda dapat membantu mengatasi permasalahan mereka. Dengan begitu Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan karakteristik target audiens. Tentu saja untuk mengenali karakteristik target audiens ini Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.
3. Buatlah konten yang berkualitas
Salah satu cara membuat content marketing yang menarik tentunya dengan membuat konten yang berkualitas. Tentu saja membuat konten tidak bisa asal-asalan alias asal jadi. Jika Anda ingin konten yang Anda buat benar-benar efektif, maka buatlah konten yang berkualitas dan menonjol diantara jutaan konten lainnya di dunia maya.
Buatlah konten yang menarik, kreatif, dan interaktif. Selain itu pastikan juga konten yang Anda buat bermanfaat dan mudah dipahami audiens. Anda bisa belajar bagaimana membuat konten yang berkualitas dari berbagai sumber, seperti buku-buku, video tutorial, atau belajar langsung pada ahlinya.
4. Lakukan survei pelanggan
Cara membuat content marketing yang menarik selanjutnya adalah lakukan survei pelanggan. Survei pelanggan bertujuan untuk mendapatkan wawasan seputar pelanggan Anda, seperti apa alasan mereka membeli produk Anda, permasalahan mereka terkait dengan produk Anda, dan lain-lain.
Agar pelanggan tertarik untuk melakukan survei, Anda bisa memberikan hadiah berupa kartu diskon setelah mereka menyelesaikan survei.
5. Berikan solusi atas permasalahan pelanggan
Berikan solusi atas permasalahan pelanggan juga merupakan salah satu cara membuat content marketing yang menarik. Pada langkah sebelumnya Anda telah melakukan survei untuk mengetahui permasalahan pelanggan, bukan?
Nah, dari sana Anda bisa merumuskan bagaimana produk Anda dapat memberikan solusi untuk permasalahan mereka. Konten yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan tentunya akan lebih menarik perhatian mereka.
6. Promosikan konten Anda
Dalam bahasan mengenai cara membuat content marketing ini juga tak terlepas dari aktivitas promosi. Anda juga perlu mempromosikan konten yang Anda buat. Sebab sebagus apapun konten yang Anda buat jika tidak dipromosikan maka tidak akan efektif hasilnya. Tujuan promosi ini tentu saja agar lebih banyak orang yang membaca atau menonton konten Anda.
Promosikan konten Anda melalui berbagai platform sosial media, website, maupun channel promosi lainnya. Dengan adanya promosi yang maksimal diharapkan dapat menjangkau lebih banyak audiens.
7. Lakukan evaluasi
Setelah Anda melakukan berbagai cara membuat content marketing yang menarik di atas, langkah berikutnya adalah melakukan evaluasi. Setelah Anda mempublikasikan konten dan mempromosikannya, Anda bisa mengevaluasi konten Anda.
Dengan evaluasi, Anda dapat melakukan perbaikan konten agar kedepannya semakin menarik. Konten mana yang paling disukai audiens, paling banyak dilihat, dan banyak mendapatkan interaksi. Dan sebaliknya konten mana yang tidak mendapat banyak respon. Semua ini bisa menjadi bahan evaluasi Anda.
8. Konsistensi
Langkah terakhir dalam tahapan cara membuat content marketing yang menarik adalah konsistensi. Konsistensi adalah kunci kesuksesan Anda ke depannya. Jadi, langkah-langkah yang telah Anda lakukan sebelumnya bukan dilakukan dalam satu atau dua kali saja, tapi dilakukan secara kontinyu.
Selain itu, konsisten juga perlu dilakukan dalam berbagai aspek. Konsisten dalam tema konten, bahasa, kata sapaan, waktu posting, hingga tujuan Anda membuat konten. Konsistensi ini akan membuat audiens mudah mengenali produk/brand Anda. Sebab konsistensi dapat memberi ciri khas tersendiri pada brand image Anda.
Demikian berbagai cara membuat content marketing yang menarik untuk bisnis Anda. Anda bisa melakukan cara-cara diatas secara bertahap, satu persatu. Sehingga Anda tidak merasa kewalahan dalam menjalankannya.
Setelah itu apakah Anda butuh inspirasi content marketing yang menarik? Mari simak ulasannya di bawah ini.
3 Contoh Content Marketing yang Menarik di Indonesia
Ada beberapa jenis content marketing yang umum digunakan, salah satunya berupa video. Seiring dengan semakin meningkatnya popularitas platform sosial media Instagram dan TikTok, konten berupa video otomatis semakin populer. Berikut ini ada beberapa contoh content marketing video yang menarik di Indonesia.
1. Sasa Tepung Bumbu
Contoh content marketing yang menarik pertama adalah dari Sasa Tepung Bumbu. Konten video berjudul #ApaSihYangGakBisa ini mengambil tema animasi bergaya anime. Video yang diluncurkan pertama kali pada 24 April 2020 ini berhasil mencapai dua juta penonton, lho.
Dalam konten video ini Sasa mengajak audiens untuk tetap semangat beraktivitas dan meraih mimpi dalam kondisi apapun, termasuk di masa pandemi ini. Itu sebabnya konten video ini diberi judul #ApaSihYangGakBisa.
2. Bittersweet by Najla
Contoh content marketing yang menarik berikutnya datang dari Bittersweet by Najla. Konten video dari brand yang mengeluarkan produk utama berupa dessert ini tergolong unik. Mereka menggunakan video berjenis ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) yang memuat proses pembuatan dessert box Bittersweet by Najla. Tentu saja ini adalah hal yang menarik sekaligus menggelitik untuk ditonton, bukan?
3. Shopee
Dan contoh content marketing yang terakhir merupakan hasil karya dari Shopee. Konten video animasi yang diluncurkan pada momen Hari Ibu ini berjudul #SambutHarapan. Video ini mengisahkan tentang wanita yang hamil di masa pandemi dan krisis ekonomi. Namun tetap harus semangat dan optimis menyambut kebahagiaan di masa depan.
Itulah contoh-contoh content marketing berupa video yang bisa jadi insipirasi Anda dalam membuat konten yang menarik. Dengan latihan yang sungguh-sungguh bukan tak mungkin Anda pun bisa membuat konten yang menarik dan menjadi viral di dunia maya. Selamat mencoba, ya! 🙂