Memahami Cara Kerja Algoritma Instagram di Tahun 2021
Memahami Cara Kerja Algoritma Instagram di Tahun 2021. Bagi Anda yang menggunakan Instagram untuk meraup rezeki maka Anda wajib mengetahui bagaimana cara kerja algoritmanya. Sehingga performa Instagram Anda dapat lebih maksimal. Yuk, cari tahu bagaimana memahami cara kerja algoritma Instagram di Tahun 2021 melalui artikel kali ini. Baca sampai selesai, ya! 🙂
Memahami Cara Kerja Algoritma Instagram di Tahun 2021
Sebelumnya Anda perlu mengetahui pengertian algoritma Instagram. Algoritma Instagram merupakan perhitungan otomatis untuk memilih postingan terbaik yang dapat mencapai posisi teratas. Jadi jika Anda ingin konten Anda dapat dilihat oleh lebih banyak pengguna, maka Anda perlu memahami cara kerja algoritma Instagram berikut ini:
1. Instagram feed
Pertama, kita akan membahas bagaimana memahami cara kerja algoritma Instagram dalam memengaruhi feed Instagram Anda.
a. Interest
Munculnya postingan-postingan pada feed Instagram Anda salah satunya dipengaruhi oleh interest (minat). Jadi algoritma Instagram akan melihat akun atau tipe konten seperti apa yang Anda sukai. Dan postingan seperti itulah yang akan sering muncul pada feed Instagram Anda.
Misalnya, jika Anda sering melihat-lihat ataupun berinteraksi dengan konten bertema kesehatan, maka konten yang akan sering muncul di feed Instagram Anda tentunya juga konten yang bertema kesehatan.
b. Engagement
Cara kerja algoritma Instagram juga dipengaruhi oleh engagement pengguna dengan pengikutnya. Jika Anda sering berinteraksi dengan sebuah akun baik itu memberikan like, komentar, mengirimkan direct message, maupun melakukan pencarian akun tersebut. Maka kemungkinan besar konten-konten dari akun tersebut akan lebih sering muncul di feed Instagram Anda.
Itulah pentingnya meningkatkan engagement konten agar postingan-postingan Anda lebih sering muncul di feed Instagram para pengikut Anda.
c. Waktu post
Selain faktor engagement, cara kerja algoritma Instagram juga bisa dipengaruhi oleh waktu postingan tersebut diunggah. Jadi temukan waktu yang tepat dimana para pengikut Anda sedang online atau jam-jam ramai sehingga konten Anda dapat muncul di feed mereka.
Jam-jam ramai pengguna sosial media Instagram umumnya pada siang hari saat jam makan siang, sore hari jam pulang kantor, serta malam hari antara jam 7 hingga 9 malam.
d. Frekuensi penggunaan
Frekuensi penggunaan juga memengaruhi cara kerja algoritma Instagram. Jika Anda sering menghabiskan banyak waktu di Instagram maka Instagram tidak hanya memunculkan postingan berdasarkan minat Anda saja tapi juga berdasarkan kronologis. Berdasarkan kronologis artinya postingan terbaru dari akun yang Anda ikuti akan muncul pada feed Instagram Anda.
Tak hanya itu, jika Anda kehabisan konten untuk dilihat, Instagram akan merekomendasikan akun-akun baru berdasarkan interaksi Anda sebelumnya.
2. Instagram story
Selanjutnya kita akan membahas bagaimana memahami cara kerja algoritma Instagram dalam memengaruhi Instagram story Anda. Sama halnya dengan Instagram post, Instagram story yang muncul pada feed Anda juga dipengaruhi oleh engagement seperti likes, comment, view story, serta direct messages.
Algoritma Instagram story juga dipengaruhi oleh waktu unggahan. Instagram akan memunculkan story terbaru di feed Anda dari akun-akun favorit Anda atau akun yang Anda sering berinteraksi dengannya. Begitupun sebaliknya, Instagram story Anda akan muncul paling depan pada feed mereka yang sering berinteraksi dengan Anda.
3. Explore page
Berikutnya bagaimana cara kerja algoritma Instagram memengaruhi explore page? Konten yang muncul pada explore page Anda merupakan konten yang dianggap algoritma Instagram paling Anda minati. Hal ini dilihat berdasarkan interaksi Anda sebelumnya. Namun pada explore page ini Anda akan melihat konten-konten dari akun yang belum Anda ikuti.
4. Suggestion
Fitur suggestion atau rekomendasi merupakan fitur yang dipersonalisasi untuk penggunanya. Saat Anda telah melihat semua konten baru yang ada di feed, maka Instagram akan memberikan suggestion berupa postingan baru yang diunggah dari akun-akun yang belum Anda ikuti. Konten yang muncul pada suggestion ini berbeda dengan yang muncul pada explore page.
5. Instagram shop
Terakhir kita akan bahas bagaimana cara kerja algoritma Instagram memengaruhi Instagram shop. Ini merupakan salah satu fitur yang juga sangat dipengaruhi oleh algoritma Instagram. Instagram shop akan memunculkan produk yang memiliki peluang besar dibeli oleh penggunanya. Hal ini dilihat berdasarkan engagement pengguna sebelumnya.
Misalnya, jika Anda sering melihat-lihat akun healthy store di Instagram, maka Instagram shop juga akan lebih sering menampilkan produk-produk di kategori tersebut. Algoritma Instagram menganggap akun-akun seperti itulah yang sesuai dengan minat Anda.
Itulah cara kerja algoritma Instagram yang perlu Anda ketahui. Selanjutnya penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menguasai algoritma Instagram di Tahun 2021 ini.
6 Cara Menguasai Algoritma Instagram di Tahun 2021
Dengan menguasai algoritma Instagram diharapkan konten-konten Anda dapat menjangkau lebih banyak pengguna. Tentunya hal ini akan menguntungkan, khususnya jika Anda menggunakan Instagram untuk kepentingan bisnis. Berikut cara menaikkan algoritma Instagram Anda:
1. Buat caption yang mendorong engagement
Cara menguasai algoritma Instagram yang pertama adalah buat caption yang mendorong engagement. Selain membuat gambar atau video yang menarik, Anda juga wajib memerhatikan caption. Sebab sebagus apapun gambar atau video yang Anda posting, jika tidak didukung dengan caption yang tepat maka konten tidak akan optimal.
Buatlah caption yang menarik untuk mendorong audiens berinteraksi dengan konten Anda, apakah itu memberikan likes, komentar, ataupun memberikan stiker emoji.
2. Optimalkan penggunaan hashtag
Optimalkan penggunaan hashtag merupakan cara menguasai algoritma Instagram selanjutnya. Sebab menambahkan hashtag pada konten Anda termasuk salah satu trik yang efektif untuk menjangkau lebih banyak audiens. Gunakan hashtag yang relevan serta hashtag yang populer namun tetap sesuai dengan konten Anda.
3. Cross promote konten
Cara menguasai algoritma Instagram berikutnya adalah cross promote konten. Anda dapat berkolaborasi dengan pengguna Instagram lainnya untuk saling mempromosikan konten. Dengan begitu Anda bisa menjangkau audiens yang berbeda.
4. Optimalkan direct messages
Anda juga dapat mencoba cara menguasai algoritma Instagram yang satu ini, yaitu optimalkan direct messages (DM) Anda. Sebab direct messages ini merupakan salah satu indikator engagement yang memengaruhi algoritma Instagram.
Anda dapat memancing audiens untuk mengirimi Anda DM apakah itu berupa pertanyaan atau komentar. Sebab konten Anda akan lebih sering muncul di feed pengikut yang sering mengirimkan Anda DM.
5. Buat Instagram story yang menarik
Buatlah Instagram story yang dapat mendorong engagement alias keterlibatan audiens. Ini termasuk salah satu cara menguasai algoritma Instagram yang bisa Anda coba. Anda dapat memanfaatkan stiker Instagram story untuk memancing audiens berinteraksi dengan Anda. Misalnya dengan stiker polling, sliding emoji, maupun stiker ask the questions.
6. Evaluasi dengan Instagram analytics
Cara menguasai algoritma Instagram yang terakhir adalah evaluasi dengan Instagram analytics. Anda perlu memantau bagaimana kinerja konten Instagram Anda. Melalui Instagram analytics Anda bisa mengetahui strategi mana yang berhasil dan tidak sehingga ke depannya Anda dapat belajar membuat konten yang lebih baik lagi.
Demikian beberapa cara menguasai algoritma Instagram yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan jangkauan konten Anda. Selamat mencoba, ya! 🙂